PROFIL

Gambaran Umum


Penelitian dan pengembangan merupakan instrumen penting dalam penyelenggaraan tugas pemerintahan agar pembangunan yang dilaksanakan menjadi lebih terarah, terkoordinasi, terpadu, serta berkesinambungan. Oleh sebab itu di lingkungan Kementrian Dalam Negeri dan Pemerintahan Daerah dirasa perlu membentuk sebuah Badan Penelitian dan Pengembangan/Kelitbangan dalam mewujudkan pembangunan yang berkualitas.

Kelitbangan adalah kegiatan penelitian, pengembangan, pengkajian, perekayasaan, penerapan, pengoperasian, dan evaluasi kebijakan yang merupakan rangkaian kegiatan ilmiah yang bertujuan menghasilkan pemahaman baru dan mengembangkan penerapan praktis, nilai, dan konteks ilmu pengetahuan yang baru atau cara baru dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan dalam negeri di lingkungan Kementrian Dalam Negeri dan Pemerintahan Daerah. Salah satu misi yang dibawa dalam setiap kelitbangan adalah sebisa mungkin hasilnya berupa Inovasi yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai pemangku kepentingan untuk dijadikan dasar perumusan kebijakan. Oleh karenanya, pemanfaatan hasil kegiatan kelitbangan tersebut harus tetap dikawal oleh institusi litbang agar tidak melenceng dari ide awalnya.

Ruang lingkup kelitbangan yang terdiri atas Kelitbangan pemerintahan dalam negeri di Kementrian Dalam Negeri, Provinsi dan Kabupaten/Kota diatur melalui Peratuan Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2016 tentang Pedoman Penelitian Dan Pengembangan di Kementrian Dalam Negeri Dan Pemerintahan Daerah. Di Kota Sukabumi, unit kelitbangan berada pada salah satu bidang di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dengan nama Bidang Penelitian dan Pengembangan (Bidang Litbang). Bidang ini terbentuk sejak ditetapkannya Peraturan Walikota Sukabumi Nomor 47 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.